Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Membedakan Artikel SEO dan Artikel BIASA

Cara Membedakan Mana Artikel SEO dan Artikel BIASA - Mas Basyir

Saat membuat artikel yang bertujuan untuk mendapatkan banyak pengunjung, diperlukan artikel yang memenuhi standar SEO. Jika belum mengetahui apa itu artikel SEO, sebenarnya sama saja, namun artikel ini perlu dilakukan optimasi agar sesuai dengan keinginan dari mesin pencari. 

Maka tak perlu heran jika dalam satu artikel dicantumkan keyword-keyword secara berulang. Bagi para blogger profesional pasti tak asing lagi dengan artikel SEO. Mereka sudah paham bagaimana artike ini dibuat agar bisa dibaca oleh banyak orang. 

Banyak jenis artikel yang biasa dibagikan melalui internet seperti artikel review, pengalaman pribadi, berita dan sebagainya. Namun kali ini akan dibahas perbedaan artikel SEO dan artikel biasa. 

Tips Membedakan Artikel SEO dan Artikel Biasa


Pendapat ini mungkin berbeda-beda masing-masing orang. Akan tetapi penjelasan di bawah ini akan dibuat sejelas mungkin, sehingga semuanya paham.

Artikel SEO

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, artikel SEO merupakan artikel yang telah melalui proses optimasi. Proses ini bisa dilakukan saat pembuatan artikel tersebut. Artikel SEO biasanya menggunakan keyword yang memiliki volume pencarian yang besar. 

Selain itu penggunaan gaya bahasanya juga akan disesuaikan. Yang jelas, artikel yang dibuat dapat memecahkan masalah yang sedang dialami oleh pembacanya. Artikel seperti ini banyak dicari oleh pembaca karena memang benar-benar dibutuhkan. Contoh artikelnya seperti “Cara Membuat Kue Kering Yang Enak Dan Lezat”. Artikel SEO juga akan memperhatikan pengaturan fontnya, seperti penggunaan bold, italic dan lainnya.

Artikel SEO akan dibuat dengan menggunakan keyword density. Jadi keyword-keywordnya akan dicantumkan secara menyebar diseluruh artikelnya dengan batas wajar. Kenyamanan pembaca menjadi hal yang harus diutamakan. Pemanfaatan heading dan subheading juga dilakukan pada Artikel SEO. 

Hal ini berguna untuk membantu artikel bersaing di mesin pencari. Heading dan Subheading nantinya akan disisipi keyword utama yang digunakan. Artikel SEO juga memiliki judul yang telah dioptimasi. Biasanya pada judul tersebut ditambahkan sebuah keyword dan kata-kata yang menarik. 

Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa artikel SEO merupakan artikel yang telah dioptimasi menggunakan keyword. Selain itu gaya bahasa dan penulisannya juga disesuaikan dengan pembacanya. Penggunaan beberapa elemen seperti heading, subheading menjadi salah satu ciri artikel SEO. 

Artikel Biasa

Anda tentu sudah membayangkan seperti apa itu artikel biasa. Sesuai dengan namanya, artikel biasa tidak perlu dilakukan optimasi SEO. Artikel ini biasanya berupa cerita pribadi yang tidak ditargetkan untuk dibaca oleh banyak orang. Jarang ada pengunjung yang membaca artikel seperti ini. 

Dalam artikel biasa juga tidak perlu menggunakan keyword. Gaya bahasa yang digunakan nantinya disesuaikan dengan si penulisnya. Artikel seperti ini cocok buat Anda yang ingin membagikan pengalaman pribadinya tanpa harus memperhatikan kaidah-kaidah SEO. 

Akan tetapi jangan berharap akan ada banyak orang yang berkunjung ke blog Anda kecuali Anda membagikan atau mengiklankannya. Judul yang digunakan juga tidak memerlukan keyword seperti halnya artikel SEO. Jadi bisa disimpulkan bahwa artikel biasa dibuat bukan untuk khalayak umum sehingga tidak perlu dilakukan optimasi. Dalam artian, teknik pembuatanya terserah dari si penulis.

Pada dasarnya, artikel SEO dan artikel BIASA pada umumnya harus readable atau bisa dibaca dengan mudah. Dengan artikel yang mudah dibaca, pembaca akan lebih mudah memahami isi dari artikel tersebut. Jadi Anda tidak bisa membuat artikel dengan gaya bahasa yang asal-asalan. Itulah penjelasan mengenai perbedaan artikel SEO dan artikel biasa.

4 comments for "Cara Membedakan Artikel SEO dan Artikel BIASA"

  1. basyir pimen kabare

    ReplyDelete
  2. Anggo templete apa mas basir sing free alias gratis

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak, bisa kunjungi situsnya arlina, mas sugeng, kompi ajaib, atau blogger2 lainnya

      Delete