Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pengertian Asuransi Keuangan dan Cara Mencairkannya

Pengertian Asuransi Keuangan dan Cara Mencairkannya-Masbasyir.com

Definisi asuransi menurut web Otoritas Jasa Keuangan adalah sebuah perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi sebagai penanggung dan masyarakat yang memegang polis dan dikenal sebagai tertanggung yang yang diwajibkan untuk membayar sejumlah premi dalam rangka memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, dan kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin terjadi atas peristiwa yang tak terduga.

Dan asuransi keuangan merupakan suatu lembaga keuangan yang menghimpun dana besar, yang dapat digunakan untuk membiayai pembangunan, di samping bermanfaat bagi masyarakat yang berpartisipasi dalam bisnis asuransi.

Asuransi Uang merupakan produk khusus yang ditawarkan terutama bagi berbagai institusi keuangan. Produk ini memberikan perlindungan untuk uang tunai atau alat tukar lain yang senilai dengan uang terhadap berbagai risiko, selama penyimpangan (Cash in safe, Cash in ATM) saat di counter teller (Cash in Cashier Box), maupun saat dalam proses pengiriman (Cash In Transit).

Pilihan jenis pertanggungan yang ditawarkan dalam jaminan asuransi ini diantaranya adalah:

Cash In Transit (CIT)

Memberikan jaminan ganti rugi terhadap kerugian dan kehilangan yang dialami oleh tertanggung selama pengiriman uang baik dari premises atau lokasi tertanggung  ke bank atau sebaliknya, atau dari satu lokasi ke lokasi lain yang dibawa oleh karyawan tertanggung, orang atau jasa pengiriman yang ditunjuk oleh tertanggung sebagai akibat kejadian yang tidak dikecualikan dalam kondisi polis.

Cash In Safe (CIS)

Menjamin selama uang dan/atau surat-surat berharga disimpan di dalam   brankas / Ruang Khasanah / lemari besi sesuai kondisi yang ada di polis

Cash In Cashier Box (CICB) 

Memberikan jaminan ganti rugi terhadap kerugian dan kehilangan uang yang disimpan di dalam cashier box selama jam kerja.

Cash In ATM (CI ATM)

Memberikan jaminan ganti rugi terhadap kerugian dan kehilangan uang yang disimpan di dalam mesin ATM.


Cara mencairkan asuransi keuangan

Cara untuk menarik uang asuransi unit link adalah dengan menghubungi perwakilan dari perusahaan asuransi dan meminta bantuan mereka :
  1. Jika anda beli via agen asuransi, hubungi agen anda dan minta bantuannya
  2. Jika agen asuransi anda sudah berhenti maka hubungi kantor asuransi tempat anda pertama beli, dan minta bantuan staff kantor tersebut.
  3. Jika kantor tempat anda membeli sudah tutup maka hubungi call center pusat perusahaan asuransi anda
  4. Jika anda beli asuransi tipe bancassurance (asuransi yang ditawarkan oleh bank) datangi kantor cabang bank tempat anda pertama ditawarkan  atau hubungi call centernya.

Ketika menghubungi agen / staff asuransi untuk melakukan pencairan pada asuransi anda,, pihak agen / staff akan meminta anda untuk mengisi dan menyediakan 2 (dua) dokumen ini :
  1. Mengisi formulir penarikan dana unit link (disediakan oleh pihak asuransi)
  2. Fotokopi kartu identitas (KTP) yang masih berlaku atau paspor bagi WNA.

Isi dari formulir penarikan dana kebanyakan tentang data diri, namun setidaknya anda sebaiknya menyiapkan data, yaitu :
  1. Nomor polis
  2. Nama pemegang polis
  3. Nama tertanggung
  4. Jenis dana investasi yang ingin anda ambil
Ketika mengisi formulir penarikan dana, anda akan diminta menentukan jenis investasi apa yang ingin anda cairkan. Namun sebagian orang akan mengosongkan ini karena lupa dengan jenis dana investasi yang mereka pilih ketika pertama membeli produk.

ET-Asia menyelenggarakan berbagai program pelatihan yang dapat membantu anda dalam meningkatkan kualitas kemampuan yang anda miliki. Untuk itu anda dapat bergabung dengan program pelatihan yang diadakan oleh ET-Asia. Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut, anda bisa langsung mengirimkan email ke info@et-asia.com, sehingga anda bisa memperoleh informasi yang anda butuhkan terkait dengan program pelatihan ET-Asia. Jangan sampai kelewatan!

Post a Comment for "Pengertian Asuransi Keuangan dan Cara Mencairkannya"