Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Contoh Asuransi Keuangan itu Apa Saja ?

Contoh Asuransi Keuangan itu Apa Saja - Masbasyir

Asuransi keuangan merupakan suatu lembaga keuangan yang menghimpun dana besar, yang dapat digunakan untuk membiayai pembangunan, di samping bermanfaat bagi masyarakat yang berpartisipasi dalam bisnis asuransi. Tujuan dari asuransi yaitu untuk memberikan perlindungan atau proteksi atas kerugian keuangan (financial loss), yang ditimbulkan oleh peristiwa-peristiwa yang tidak terduga sebelumnya (fortuitious event).

Keuntungan asuransi

Keuntungan asuransi untuk masing-masing pihak adalah sebagai berikut :

Bagi Perusahaan Asuransi

  1. Keuntungan dari premi yang diberikan ke nasabah
  2. Keuntungan dari hasil penyertaan modal di perusahaan lain
  3. Keuntungan dari hasil bunga dari investasi di surat-surat berharga

Bagi Nasabah

  1. Memberikan rasa aman
  2. Merupakan simpanan yang pada saat jatuh tempo dapat ditarik kembali
  3. Terhindar dari resiko kerugian atau kehilangan
  4. Memperoleh penghasilan di masa yang akan datang
  5. Memperoleh penggantian akibat kerusakan atau kehilangan.

Contoh asuransi keuangan

Contoh dari asuransi keuangan meliputi :
Asuransi kepemilikan rumah dan properti
Sebagai aset yang dinilai cukup berharga, biasanya para pemilik rumah akan melindungi diri dan aset miliknya yang bisa berupa rumah atau properti pribadi dengan asuransi kepemilikan rumah dan properti. Asuransi ini memberikan proteksi terhadap kehilangan atau kerusakan yang mungkin akan terjadi pada barang-barang tertentu milik pribadi tertanggung. Asuransi ini juga melindungi dan memberikan keringanan apabila rumah atau properti tertanggung lainnya mengalami musibah contohnya seperti kebakaran.

Asuransi bisnis
Asuransi ini merupakan layanan proteksi terhadap kerusakan, kehilangan, maupun kerugian dalam jumlah besar yang mungkin terjadi pada bisnis seseorang. Asuransi ini memberikan penggantian dari kerusakan yang diakibatkan oleh kebakaran, ledakan, gempa bumi, petir, banjir, angin ribut, hujan, tabrakan, hingga kerusuhan. Perusahaan asuransi biasanya menawarkan berbagai macam manfaat dari asuransi bisnis seperti perlindungan terhadap karyawan sebagai aset bisnis, perlindungan investasi dan bisnis, asuransi jiwa menyeluruh untuk seluruh karyawan, hingga paket perlindungan asuransi kesehatan bagi karyawan.

Asuransi kredit
Asuransi kredit ini merupakan proteksi atas resiko kegagalan debitur untuk melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai seperti modal kerja, kredit perdagangan, dan lain-lain. Kaitannya erat dengan jasa perbankan terutama di bidang perkreditan. Kredit merupakan pinjaman dalam bentuk uang yang diberikan bank maupun Lembaga Keuangan selaku pemberi kredit kepada nasabahnya. Asuransi kredit ini bertujuan untuk melindungi bank atau lembaga keuangan lainnya dari kemungkinan tidak memperoleh kembali kredit yang dipinjamkan kepada nasabah dan membantu memberikan pengarahan serta keamanan perkreditan. Pengelola asuransi kredit di Indonesia dipercayakan pemerintah kepada PT. Asuransi Kredit Indonesia.

Asuransi uang dan harta benda
Asuransi harta benda merupakan produk asuransi yang menjamin kerusakan atau kerugian pada harta benda akibat kebakaran, bencana alam, kerusuhan, atau kerusakan lainnya yang timbul dari suatu kejadian yang tiba-tiba.  Sedangkan asuransi uang adalah memberikan konpensasi atau penggantian kepada tertanggung dalam hal uang dicuri apakah dari tempat usahanya, dari rumahnya sendiri atau uang tersebut dibawa oleh tertanggung atau orang lain yang ditunjuknya atau ditugaskannya ke atau dari bank.

Itulah sedikit penjelasan mengenai asuransi keuangan, keuntungan dari asuransi serta contoh dari asuransi keuangan. Semoga dapat memberikan pengetahuan bagi anda mengenai asuransi. 
Untuk anda yang ingin memahami dan menambah pengetahuan serta meningkatkan kemampuan anda dalam aspek hukum dan aspek-aspek lainnya anda bisa mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh ET-Asia. ET-Asia juga mengadakan webinar yang bisa anda ikuti agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, anda bisa menghubungi pihak ET-Asia melalui email info@et-asia.com.

Post a Comment for "Contoh Asuransi Keuangan itu Apa Saja ?"