Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Jenis-Jenis Asuransi Keuangan

Jenis-Jenis Asuransi Keuangan - Masbasyir.Com

Asuransi menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah yakni perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan dalam bentuk mengganti atau mengurangi kerugian.

Usaha Perasurasian

Usaha perasuransian merupakan kegiatan usaha yang bergerak di bidang:
  1. Jasa pertanggungan atau pengelolaan risiko.
  2. Pertanggungan ulang risiko.
  3. Pemasaran dan distribusi produk asuransi atau produk asuransi syariah.
  4. Konsultasi dan keperantaraan asuransi, asuransi syariah, reasuransi, atau reasuransi syariah, atau
  5. Penilai kerugian asuransi atau asuransi syariah.


Jenis-Jenis Asuransi Keuangan

Asuransi keuangan terdiri dari beberapa jenis, berikut ini jenis-jenis dari asuransi keuangan yaitu diantaranya :

Asuransi Dwiguna
         Asuransi dwiguna atau endowment merupakan produk asuransi yang dipadukan dengan akumulasi tabungan. Jadi, premi yang anda bayarkan akan dialokasikan ke proteksi dan tabungan. Apabila terjadi risiko, anda tidak hanya mendapatkan uang pertanggungan saja tetapi juga bisa mendapatkan nilai tunai di akhir masa polis. Untuk jumlah nilai tunainya bersifat pasti. Asuransi dwiguna ini sering ditemukan pada produk asuransi pendidikan.

Asuransi Unit Link
         Asuransi unit link merupakan produk asuransi yang dipadukan dengan investasi. Premi yang kamu bayarkan akan dialokasikan ke proteksi dan investasi. Apabila terjadi risiko, maka anda tidak hanya bisa mendapatkan jaminan uang pertanggungan saja, tetapi juga memperoleh nilai tunai di akhir masa polis. Nilai tunai tersebut bersifat fluktuatif, tergantung pada grafik investasi anda ketika melakukan penarikan dana. Jenis asuransi ini bisa ditemukan pada produk asuransi pendidikan, asuransi jiwa, dan asuransi kesehatan.

Asuransi Uang
        Asuransi uang merupakan bentuk asuransi yang menjamin kerugian dan kehilangan atas uang akibat terjadi risiko yang menimpa objek pertanggungan baik pada saat di perjalanan maupun dalam tempat penyimpanan seperti lemari besi / strong room. Uang yang dimaksud disini adalah uang tunai berupa kertas / logam, logam mulia, emas murni, nota bank, cheque dan wesel bank, wesel pos, obligasi, promas, perangko, materai dan pita cukai.

Asuransi Bisnis
Asuransi bisnis ini memberikan pertanggungan terhadap aset bisnis, mulai dari peralatan kerja hingga asuransi karyawan. Sesuai dengan namanya, asuransi ini ditujukan bagi pebisnis, baik UMKM maupun korporasi. Manfaat yang diberikan bisa berupa pertanggungan biaya kesehatan karyawan, penggantian pesangon apabila terjadi PHK, dan termasuk melindungi aset barang-barang perusahaan.

Asuransi Kredit
Asuransi kredit merupakan jenis asuransi yang melunasi utang atau sisa kredit tertanggung apabila mengalami risiko meninggal dunia, cacat tetap total, atau bahkan di-PHK. Biasanya asuransi ini ditawarkan saat anda mengambil cicilan KPR, kredit mobil, kartu kredit, atau bahkan KTA.

Asuransi Dana Pensiun
Asuransi dana pensiun kadang disebut pula sebagai Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Produk asuransi ini ditujukan sebagai jaminan finansial saat pensiun dari pekerjaan. Dengan demikian, tertanggung bisa tetap hidup layak di masa tuanya.

Asuransi Proyek dan Konstruksi
Asuransi proyek atau konstruksi adalah produk asuransi yang memberikan jaminan finansial apabila terjadi kerugian pada proyek/konstruksi, baik bagi pemilik proyek, kontraktor, pekerja, maupun mesin. Adapun jenis jaminan asuransi proyek terdiri atas jaminan penawaran, jaminan pelaksanaan, jaminan pembayaran pembayaran uang muka, jaminan pemeliharaan, garansi bank, dan custom bond. 

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai aspek-aspek dalam asuransi serta hukum yang mengatur asuransi, anda dapat mendapatkan informasi tersebut dengan bergabung dengan ET-Asia. ET-Asia akan membantu anda memahami aspek-aspek terkait dengan bidang pekerjaan anda. Info lebih lanjut anda bisa menghubungi tim ET-Asia melalui email info@et-asia.com

Post a Comment for "Jenis-Jenis Asuransi Keuangan"