4y1Mu0TIE4AKzRmMeurbpXZFcKjBTRDznHspth2a

Sejarah Singkat Android Market Sebelum Diganti Google Play Store

Android Market Download: Sejarah Singkat Android Market Sebelum Diganti Google Play Store

Sejarah Android Market Sebelum Diganti Google Play Store

Android Market download merupakan salah satu aplikasi tempat tersedianya semua aplikasi android yang kini lebih dikenal dengan Google Play Store. Berikut ini akan dibahas sedikit mengenai sejarah singkat aplikasi android yang bernama Android Market sebelum diganti menjadi Google Play Store.

Tahun 2008 - 2012

Semuanya berawal di tahun 2008 dimana aplikasi Android Market pertama kali diluncurkan sebagai pusat untuk mengunduh seluruh aplikasi dan game guna sistem operasi android yang kala itu masih baru. Tak lama setelah peluncuran, Android Market mendapatkan dukungan untuk aplikasi berbayar pada tahun 2008 di Amerika Serikat dan Inggris sehingga turut diperluas ke pasar Internasional pada tahun 2010. Pada tahun yang sama Google juga turut meluncurkan Google eBookstore. 

Pada tahun 2011, Google mengeluarkan produk terbarunya yakni Google Music di mana saat itu Android Market juga mendapatkan dukungan tambahan untuk buku dan penyewaan film. Google merasa kebingungan karena memiliki banyak toko di android, oleh karena itu mereka memilih untuk menggabungkan seluruh toko dalam satu aplikasi yang diberi nama Google Play Store. 

Saat itulah Google membuat keputusan yang cukup besar dengan menggabungkan seluruh toko yang semua pembeliannya bisa dilakukan melalui Google Play yang berbasis cloud. Pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan file karena bisa mengunduh lagi apabila ingin beralih ponsel maupun tablet kala itu. Tahun itulah Android Market download resmi diganti dengan Google Play Store. 

Tahun 2012 – 2015

Google Play Store diluncurkan pada tahun 2012 dengan jumlah aplikasi dan game di toko sekitar 450.000 yang siap di download. Jumlah tersebut telah meningkat lebih tinggi seiring berjalannya waktu hingga saat ini. Google Play Store juga terus berkembang dalam membuat inovasi terbaru. Mereka bahkan pernah menawarkan kartu hadiah Google Play fisik di Amerika Serikat sehingga orang-orang yang tidak punya kartu kredit juga bisa membeli game, aplikasi serta konten dan lainnya dari toko. 

Pada Mei 2014 Google Play Store membuat sedikit perubahan dengan menambahkan informasi setiap aplikasi. Termasuk ukuran file dan penilaian sehingga para calon pengguna bisa melihat review dari pengguna lainnya. Bulan Juli di tahun yang sama, pihak Google juga memperbaharui desain aplikasi dengan menggunakan material design. Aplikasi yang ada di Google Play Store telah mencapai hingga 1,5 juta dibandingkan dengan aplikasi iOS di App Store. 

Android Market download yang telah berubah jadi Google Play Store ini kemudian memutuskan untuk memisahkan antara penjualan perangkat keras dengan perangkat lunak. Artinya perangkat keras dimasukkan ke dalam divisi Google Store sendiri sedangkan Google Play Store hanya khusus untuk aplikasi yang dapat di download saja. 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar