Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Persiapan Matang Sebelum MEMBANGUN Sebuah BLOG

https://www.masbasyir.com/2020/01/persiapan-sebelum-membangun-blog.html

Berbicara mengenai membangun blog diawal memang terbilang sulit karena saya pribadi pada saat itu juga kesulitan untuk menentukan jenis blog apa yang akan saya buat, namun hal itu bisa terselesaikan karena adanya banyak sekali referensi dari teman-teman blogger yang sudah lama saya kenal untuk membagikan tips sukses mereka kepada saya. 

Nah di artikel kali ini saya sendiri akan membagikan informasi kepada anda semua mengenai persiapan matang sebelum membangun sebuah blog, tentunya ada banyak sekali tahapan yang harus disiapkan mulai dari kerangka blog, pemilihan platform, pemilihan nama domain, pendaftaran di webmaster dan masih banyak lagi yang lainnya. Silahkan disimak baik-baik informasinya disini. 

Persiapan Matang Sebelum Membangun Sebuah Blog

1.Menentukan niche atau kategori blog

Seorang blogger pemula wajib menentukan jenis topik blog mereka di awal sebelum memutuskan untuk memiliki sebuah blog, silahkan lihat terlebih dahulu apa passion anda, apakah suka dengan otomotif, kesehatan, finansial, gaya hidup, bisnis, peluang usaha, atau yang lainnya ? Nah temukan yang paling tepat dengan jati diri anda agar ada kemudahan pada saat membuat konten atau mengisi artikel di blog tersebut. Karena kalau hal ini tidak dipikirkan matang-matang biasanya seorang blogger akan lekas bosan tiap hari harus ngetik artikel tetapi bukan di passionnya. Jadi ini penting untuk anda pikirkan secara matang-matang. 

2.Pilih platform yang anda kuasai

Selanjutnya hal terpenting yang kedua adalah memilih jenis platform blog yang anda kuasai saat ini, di dunia blogger terlebih untuk tahun 2020 ini ada banyak sekali platform blog yang bermunculan untuk memberikan kemudahan kepada semua orang dalam memiliki website yang keren. Kalau saya pribadi sebagai blogger yang sudah lama tentu hanya menyarankan 2 platform saja yaitu wordpress dan blogspot, sudah menguasai dua ini saja anda bisa sukses kedepannya. Pilih antara wordpress atau blogspot, anda bisa mencari tahu perbandingannya di artikel kami yang lain. 

3.Tentukan nama domain

Tahap ketiga adalah menentukan nama domain, sekarang yang menjadi pertanyaan alasan anda membuat blog itu untuk apa ? Pertama apakah untuk mencari uang dengan informasi blog pribadi ?  Atau untuk membuka layanan bisnis / menjual produk tertentu ? Kedua alasan ini harus anda pilih dulu sebelum memutuskan membeli nama domain. Pertama kalau memang ingin memiliki website atau blog pribadi maka gunakanlah nama sesuai dengan nama pilih, sesuai kategori atau topik atau nama unik lainnya. Sedangkan kalau untuk bisnis mungkin ada bagusnya nama domain sesuai dengan brand yang anda kelola, sehingga orang-orang tahu bahwa bisnis anda profesional. 

4.Menentukan tema atau template

Tahap berikutnya adalah menentukan sebuah tema, kepercayaan pengunjung di internet pertama kali biasanya setelah mereka melihat tema atau template yang anda pakai untuk blog pribadi. Template yang elegan jarang di sukai kalau isinya tidak berbobot, template sederhana dengan akses cepat dan informasi berbobot juga banyak diminati. Jadi untuk kedua ini anda yang bisa menentukan, mau temanya elegan atau sederhana tapi isinya tidak ada maka sama saja bohong. Contoh tema sudah bagus tapi fiturnya ndak lengkap ya sama saja bakal menyulitkan pengunjung. 

5.Isi konten

Terakhir adalah dengan mengisi konten sesuai dengan tema atau kategori yang sudah anda tentukan diawal.

Nah semoga tips ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya. Terimakasih. 

Post a Comment for "Persiapan Matang Sebelum MEMBANGUN Sebuah BLOG"