Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Wajib Tau Apa itu Blog ?

Wajib Tau Apa itu Blog - MasBasyir

Jujur saja saat ditanya dari beberapa teman mengenai Apa itu Blog saya merasa kebingungan, karena untuk menjawabnya sangatlah panjang. Maka dari itu saya akan mengulasnya secara detail di artikel ini.

Cerita Sedikit

Saya pribadi memulai dunia blog pada tahun 2013. Waktu itu blog sebagai catatan kehidupan seperti menceritakan suatu kejadian, materi perkuliahan, cara kita menyelesaikan masalah, dan lain-lainnya. Sudut pandang yang saya tangkap pada waktu itu, mempunyai sebuah blog adalah hal yang paling mengagumkan. Kenapa mengagumkan ? karena tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut.
Selang beberapa tahun kemudian, dengan berbekal ilmu otodidak melalui berbagai sumber ternyata blog tidak hanya dijadikan catatan biasa melainkan dapat dijadikan sumber penghasilan. Dari situlah saya mendalami dunia blog sampai sekarang.

Apa itu Blog ?

Blog adalah sebuah jurnal online yang isi kontenya memuat beragam informasi dan juga dapat berfokus pada satu topik berdasarkan fakta dan opini. Untuk Pelaku penulis artikel di blog biasa disebut Blogger. Sedangkan kegiatan dalam menulis artikel pada blog adalah Blogging.

Apakah Menjadi Seorang Blogger Menguntungkan ?

Jika Anda melontarkan pertanyaan seperti itu jawabanya relative, setiap orang mempunyai pandangan tersendiri. Kenapa ? karena aktifitas dari seorang blogger itu sangatlah beragam, dari yang menjadikan blog sebagai catatan curhat atau biasa disebut Blog Diary, sebagai tempat tutorial dari satu topik hingga beragam, sebagai tempat menjual produk biasa disebut marketplace, tempat untuk menawarkan jasa, bahkan ada yang memperkenalkan karya-karya mereka melalui blog.

Untuk saya pribadi, menjadi seorang blogger itu menguntungkan. Zaman semakin maju dengan mengikuti perkembangannya, kita lebih dimudahkan. Apalagi buat memperoleh pendapatan dari rumah bukan jadi suatu yang mustahil. Terbukti sekarang internet sudah melahirkan banyak milyader-milyader dari muda hingga yang sudah berusia. Selain itu manfaat lainnya seperti :

1. Anda akan menjadi seorang penulis yang Hebat
2. Menjadikan orang lebih percaya terhadap anda
3. Membangun sebuah relasi
4. Anda dapat menghasilkan uang melalui blog

Apakah Website dan Blog Sama ?

Kebanyakan orang beranggapan bahwa blog dan website adalah 2 hal yang Sama. Sebenarnya Anda tidak salah jika website yang dimaksud tersebut adalah website dinamis. Tapi lain halnya dengan website Statis sangatlah berbeda dengan Blog. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya Blog adalah tempat beragam informasi, dimana pelaku blog atau biasa disebut blogger kontenya harus selalu diupdate dan dikelola untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak. Contohnya penikmat artikel dapat mengkritik dan memberi saran melalui kolom komentar.

Untuk mengetahui apakah itu website statis dan website dinamis silahkan kunjungi artikel Memahami Dasar Pemrograman Web disana Anda dapat mencarinya pada bagian Jenis-jenis Website.

Untuk Menjadi Seorang Blogger Harus Bagaimana ?

Anda tidak perlu bingung, yang anda lakukan hanya membuat akun Gmail. Kemudian mendaftarkannya di website Blogger.com. untuk lebih detailnya nanti saya akan membuatkan artikel mengenai cara membuat blog.

Namun ada satu hal yang perlu Anda ingat, jika Blog Anda ingin berkembang dan artikel banyak dikunjungi RAJINLAH MENULIS… Pengalaman yang saya alami dalam berkecimpung didunia Blog, rasa malas menulis artikel akan muncul pada saat kita sibuk atau kurangnya pengunjung pada situs blog kita.

Yang saya lakukan pada saat dititik jenuh tersebut, merubah mindset atau pemikiran “Blog adalah bagian dari kerjaan”, dari situlah saya meluangkan waktu 1-2 jam sehari untuk membuat artikel.

Apakah Bisa Mendapatkan Uang Dari Blog ?

Jawabannya YA !!! Seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Berdasarkan informasi yang saya baca pada artikel disalah 1 website, saya lupa nama websitenya. Disitu mengatakan bahwa “apabila anda ingin mendapatkan penghasilan mulai dari $170.000 sampai $15.000.000 per bulannya, buatlah situs Blogmu dibawah 1 sampai 100.000 Ranking Alexa. Untuk mencapai ranking tersebut, pastinya butuh waktu bertahun-tahun. Tapi sepertinya mustahil jika Anda berada di peringkat 1, karena disana tempat sang raksasa google mendudukinya.

Langkah Memulai NgeBlog ?


1. Tujuan Anda

Anda wajib ketika membuat sebuah blog harus menentukan tujuan mau kemana arahnya. Apabila Anda tidak melakukan hal tersebut yang akan terjadi sudah pasti blog yang sedang dikerjakan nantinya tidak jelas kearah mana tujuannya dan nantinya lama kelamaan dalam hal mengurus blog tidak konsisten. Maka dari itu jangan sia-siakan waktu, tenaga, pikiran.

2. Topik

Menentukan topik yang berdasarkan hobi atau keahlian Anda. Percaya atau tidak banyak situs website atau blog tidak bertahan lama karena si penulis artikel bukan mengerjakan artikel yang sesuai dengan passion/hobinya. Entah kenapa, suatu kegiatan atau pekerjaan yang masih ada kaitanya dengan passion atau hobi yang disukai cenderung lebih menyenangkan, seperti ada Magic Positif tersendiri. 

3. Menentukan Layanan Ngeblog

Sekarang tidak perlu bingung dimana anda akan membuat blog. Situs layanan blog sekarang tidak hanya Blogger.com, ada Wordpress, Tumblr dan masih banyak lagi. Saya merekomendasikan layanan Blogger.com dan Wordpress.com, karena layanan tersebut dari segi SEO sangat baik, dan juga sudah banyak yang sukses ketika menggunakan 2 layanan tersebut.

4. Menulis Konten

Sudah pasti ketika blog sudah jadi, langkah selanjutnya mengisi blog dengan tulisan karya Anda. Search Engine lebih menyukai tulisan original (konten yang unik) dibandingkan dengan copas. Maka dari itu gunakan gaya bahasa Anda.

5. Membuat Tampilan Blog Yang Menarik

Tidak bisa dipungkiri tampilan blog yang elegant, rapi, serta bersih dapat membuat pengunjung betah. Tapi Untuk yang satu ini sebenarnya tidak disarankan untuk pemula karena bisa dibilang rumit. Tidak ada salahnya si, jika Anda yang baru saja terjun didunia blog mencobanya. Yang terpenting jangan berlebihan, contohnya coba berlatih edit warna blog dulu, mengganti ukuran dan jenis Font. Jika sudah mahir mengedit template yang ringan, bisa mulai mengedit yang lebih rumit.

Kesalahan Blogger Pemula


1. Konsisten Menulis Menurun

Bukan lagi rahasia umum, semua blogger sudah mengalami fase ini. Awal ngeblog sangat bersemangat mengupdate postingan setiap hari, tapi lama kelamaan entah kemana. Yang terpenting mengupload artikel di blog adalah KONSISTEN. Mending upload konsisten dibandingkan upload setiap hari tapi Cuma selama 2 atau 3 bulan.

2. Sibuk dengan Tampilan 

Inilah kesalahan yang paling sering Admin lakukan. Banyak blogger pemula seperti saya mementingkan tampilan agar lebih enak dilihat saat dikunjungi istilah orang jawa mbetahi. Ada benarnya juga tampilan menjadi faktor utama, tapi dengan Anda terlalu sering gonta ganti template menjadikan blog tidak berkembang. Seperti saat menulis artikel ini, masbasyir.com diberikan penghargaan berupa 4 sitelink, akan tetapi 1 hari yang lalu saya merubah sedikit bagian XML. Apa yang terjadi ? yang tadinya 4 sitelink sekarang menjadi 2. Intinya terlalu sering merubah tampilan membuat robot search engine membaca ulang blog kita.

3. Terlalu Rajin Melihat Statistik Blog

Kebanyakan blogger pemula terlalu rajin melihat jumlah trafik, bahkan melihat pagerank sampai Alexa Ranking. Sebenarnya yang Anda lakukan ini hanya membuang-buang waktu saja, karena sebanyak apapun anda mengecek traffikmu, itu tidak akan membantu meningkatkan pengunjung.

Bagian Terakhir

Salah satu investasi terbaik adalah menggali ruang dirimu di dunia maya, di situlah anda bisa berekspresi dan berbagi karya. Karena dari internet lah Anda dapat merubah pola pikir yang lebih positif kedepanya. Di masbasyir.com ruang diskusi terbuka dan admin akan membantu semaksimalnya. Terimakasih

Post a Comment for "Wajib Tau Apa itu Blog ?"