Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatur dan Menghapus Aplikasi Bawaan di Android

Cara Mengatur dan Menghapus Aplikasi Bawaan di Android - Masbasyir.com

Mengatur aplikasi bawaan (default) di ponsel pintar Android sebenarnya merupakan cara termudah untuk memastikan fungsi dan tujuan Anda memutuskan untuk menggunakannya. Misalnya, jika Anda menetapkan aplikasi Mozilla Firefox sebagai browser default, salah satu aplikasi terbaik android. Semua tautan atau link apa pun yang Anda klik, maka halaman tersebut otomatis akan terbuka pada Firefox. Begitupun sebaliknya, jika suatu saat Anda ingin menggunakan Google Chrome terbuka secara otomatis, yang perlu dilakukan adalah menghapus aplikasi bawaan android pada opsi untuk Firefox dan kemudian memilih Chrome sebagai defaultnya. 

Aplikasi bawaan tidak hanya menyangkut atau terkait dengan browser, tetapi mungkin saja beberapa aplikasi yang paling populer di semua layar beranda Anda. Apapun aplikasinya, cukup mudah untuk menjadikannya sebagai default jika Anda memiliki aplikasi lain yang sesuai dengan kebutuhan. Ini menjadi sedikit lebih rumit dalam menghapus aplikasi bawaan android pada versi Android yang lebih lama, meskipun pada dasarnya aktivitas menghapus aplikasi bawaan tidaklah membutuhkan waktu yang lama. 

Mengatur Aplikasi Bawaan di Android versi Marshmallow (6.0) atau Di Atasnya

Jika Anda menggunakan Android versi terbaru, proses ini lebih mudah dan lebih cepat dari sebelumnya. Dengan Android 6.0 ke atas (yang terbaru adalah android pie 9.0), pengaturan dan swapping aplikasi default diperlakukan lebih sebagai prioritas.

Buka Menu Pengaturan atau Setting

Untungnya pada versi Android yang lebih baru, sangat mudah untuk mengatur dan menghapus aplikasi bawaan android dari semua aplikasi bawaan menu yang sama, tanpa masuk lebih dalam ke menu Pengaturan. Pada tampilan utama yang tersiar di beberapa aplikasi, caranya tekan lama (dua hingga tiga detik) aplikasi yang ingin dihapus, setelah itu akan muncul icon x atau remove. Namun untuk versi yang dibawahnya, Anda bisa melakukannya dengan masuk ke menu Pengaturan atau sama seperti pada metode di atas ini, buka Pengaturan dan temukan bagian Aplikasi.

Kategori Aplikasi Bawaan

Dari sini pilih Opsi atau pilihan Pengaturan di bagian kanan atas, atau pergi ke bagian Aplikasi Default untuk melanjutkan ke menu aplikasi konfigurasi.

Menghapus Aplikasi Bawaan

Proses ini sama, apa pun versi Android Anda. Ketuk aplikasi apa pun di daftar aplikasi Anda, lalu gulir (scroll) ke bawah hingga Anda melihat opsi ini : Uninstal Ketuk opsi itu untuk menghapus aplikasi default Anda. Jika tidak menguninstal atau menghapusnya, Anda cukup mudah untuk mengganti aplikasi default Anda dengan hanya memilih yang lain saja, asalkan perangkat Anda menjalankan Sistem Operasi Marshmallow ke atas.

Post a Comment for "Cara Mengatur dan Menghapus Aplikasi Bawaan di Android"